بسم الله الرحمن الرحيم, الحمد لله رب العالمين وصلى الله وسلم وبارك على نبينا محمد وآله وصحبه أجمعينو أما بعد:
Sebagian manusia terlalu sombong, tidak mau berdoa, seakan ia bisa menghasilkan sesuatu tanpa pertolongan dari Allah Ta’ala.Sebagian manusia terlalu sombong, tidak mau berdoa, seakan ia bisa beribadah tanpa pertolongan dari Allah Ta’ala.
Sebagian manusia terlalu sombong, jarang berdoa, seakan kekuatan manusiawinya lah yang dapat mewujudkan seluruh asa dia tanpa pertolongan dari Allah Ta’ala.
Coba perhatikan hal-hal berikut, niscaya kita akan semangat selalu berdoa kepada Allah Ta’ala atas keperluan dunia dan akhirat kita.
{وَقَالَ
رَبُّكُمُ ادْعُونِي أَسْتَجِبْ لَكُمْ إِنَّ الَّذِينَ يَسْتَكْبِرُونَ
عَنْ عِبَادَتِي سَيَدْخُلُونَ جَهَنَّمَ دَاخِرِينَ} [غافر: 60]
Artinya: “Dan Rabbmu berfirman: "Berdoalah
kepada-Ku, niscaya akan Kuperkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang
yang menyombongkan diri dari menyembah-Ku akan masuk neraka Jahanam
dalam keadaan hina dina.” Al Mukmin: 60.
Berkata Asy Syaukani rahimahullah:
فأفاد
ذلك أن الدعاء عبادة وأن ترك دعاء الرب سبحانه استكبار ولا اقبح من هذا
الاستكبار وكيف يستكبر العبد عن دعاء من هو خالق له ورازقه وموجده من العدم
وخالق العالم كله ورازقه ومحييه ومميتة ومثيبة ومعاقبة فلا شك أن هذا
الاستكبار طرف من الجنون وشعبة من كفران النعم.
Artinya:
“Ayat ini memberikan faedah bahwa doa adalah ibadah dan bahwa
menginggalkan berdoa kepada Rabb yang Maha Suci adalah sebuah
kesombongan, dan tidak ada kesombongan yang lebih buruk daripada
kesombongan seperti ini, bagaimana seorang hamba berlaku sombong tidak
berdoa kepada Dzat yang merupakan Penciptnya, Pemberi rezeki kepadanya,
Yang mengadakannya dari tidak ada dan pencipta alam semesta seluruhnya,
pemberi rezekinya, Yang Menghidupkan, Mematikan, Yang Memberikan
ganjarannya dan yang memberikan sangsinya, maka tidak diragukan bahwa
kesombongan ini adalah bagian dari kegilaan dan kekufuran terhadap
nikmat Allah Ta’ala. Lihat kitab Tuhfat Adz Dzakirin, karya Asy
Syaukani.
Seorang yang berdoa adalah orang yang paling dimuliakan oleh Allah ta’ala
عَنْ
أَبِى هُرَيْرَةَ رضى الله عنه عَنِ النَّبِىِّ -صلى الله عليه وسلم-
قَالَ « لَيْسَ شَىْءٌ أَكْرَمَ عَلَى اللَّهِ تَعَالَى مِنَ الدُّعَاءِ»
Artinya:
“Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu berkata: “Nabi shallallahu ‘alaihi
wasallam bersabda: “Tidak ada sesuatu yang paling mulia di sisi Allah
dibandingkan doa.” HR. At Tirmidzi.Para ulama mengatakan kenapa doa sesuatu yang paling mulia di sisi Allah Ta’ala dibandingkan yang lainnya: “Karena di dalam doa terdapat bentuk sikap perendahan diri seorang hamba kepada Allah dan menunjukkan kuasanya Allah Ta’ala.”
Allah Ta’ala sangat, sangat, sangat menyukai hamba-Nya merendah diri kepada-Nya dan menunjukkan bahwa hanya Allah Ta’ala satu-satu-Nya Yang Berkuasa, Yang Maha Pengatur, yang Maha Pencipta, tiada sekutu bagi-Nya.
Dengan doa kita melawan, menahan, meringkan bala dan musibah
عن
عائشة رضي الله عنها قالت : قال رسول الله صلى الله عليه وسلم: لا يغني
حذر من قدر و الدعاء ينفع مما نزل ومما لم ينزل وإن البلاء لينزل فيتلقاه
الدعاء فيعتلجان إلى يوم القيامة.
Artinya: “Aisyah radhiyallahu ‘anha berkata: “Rasulullah
shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: ”Sikap kehati-hatian tidak
menahan dari takdir, dan doa bermanfaat dari apa yang terjadi (turun)
ataupun yang belum terjadi (turun) dan sesungguhnya bala benar-benar
akan turun lalu dihadang oleh doa, mereka berdua saling dorong mendorong
sampai hari kiamat.” HR. Al Hakim dan dihasankan oleh Al Albani di dalam kitab Shahih Al Jami’, no. 7739.Seorang yang berdoa tidak pernah rugi
عَنْ
أَبِى سَعِيدٍ أَنَّ النَّبِىَّ -صلى الله عليه وسلم- قَالَ « ما مِنْ
مُسْلِمٍ يَدْعُو بِدَعْوَةٍ لَيْسَ فِيهَا إِثْمٌ وَلاَ قَطِيعَةُ رَحِمٍ
إِلاَّ أَعْطَاهُ اللَّهُ بِهَا إِحْدَى ثَلاَثٍ إِمَّا أَنْ تُعَجَّلَ
لَهُ دَعْوَتُهُ وَإِمَّا أَنْ يَدَّخِرَهَا لَهُ فِى الآخِرَةِ وَإِمَّا
أَنُْ يَصْرِفَ عَنْهُ مِنَ السُّوءِ مِثْلَهَا ». قَالُوا إِذاً نُكْثِرُ.
قَالَ «اللَّهُ أَكْثَرُ»
Artinya: “Abu Sa’id radhiyallahu ‘anhu berkata: “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam berkata: “Tidak
ada seorangpun yang berdoa dengan sebuah dosa yang tidak ada dosa di
dalamnya dan memuutuskan silaturrahim, melainkan Allah akan mengabulkan
salah satu dari tiga perkara, baik dengan disegerakan baginya
(pengabulan doanya) di dunia atau dengan disimpan baginya (pengabulan
doanya) di akhirat atau dengan dijauhkan dari keburukan semisalnya”, para shahabat berkata: “Wahai Rasulullah, kalau begitu kami akan memperbanyak doa?” Beliau menjawab: “Allah lebih banyak (pengabulan doanya)” HR. Ahmad dan dishahihkan oleh Al Albani di dalam Shahih At Targhib wa At Tarhib, no. 1633.Ibnul Qayyim rahimahullah menjelasakan tentang ajainya doa
«وكذلك
الدعاء فإنه من أقوى الأسباب في دفع المكروه وحصول المطلوب، ولكن قد يختلف
عنه أثره إما لضعفه في نفسه بأن يكون دعاءً لا يحبه الله لما فيه من
العدوان، فيكون بمنزلة القوس الرخو جدًا فإن السهم يخرج منه خروجًا ضعيفًا،
وإما لحصول المانع من الإجابة: من أكل الحرام والظلم ورين الذنوب على
القلوب واستيلاء الغفلة والشهوة واللهو وغلبتها عليه كما في مستدرك الحاكم
من حديث أبي هريرة عن النبي - صلى الله عليه وسلم - قال: «ادعو الله، وأنتم
موقنون بالإجابة، واعلموا أن الله لا يقبل دعاءً من قلب لاهٍ» فهذا دواء
نافع مزيل للداء ولكنْ غفلةُ القلب عن الله تبطل قوته وكذلك أكل الحرام
يبطل قوتها ويضعفها ... قال أبو ذر: يكفي من الدعاء مع البر ما يكفي الطعام
من الملح».
Artinya:
“Dan demikian pula doa, sesungguhnya ia adalah salah satu sebab yang
paling kuat menahan keburukan, mewujudkan permintaan, akan tetapi
berbeda pengaruh doanya, baik karena lemahnya pada doa tersebut yaitu
doanya merupakan sesuatu yang tidak dicintai Allah karena di dalamnya
terdapat permusuhan, maka doanya seperti busur yang tipis sekali, maka
anak panah keluar darinya sangat lemah, atau karena terdapat yang
menahan dari pengabulan doa, seperti; makan harta yang haram, perbuatan
zhalim, dosa-dosa yang menutupi hati, terlalu lalai, penuh hawa nafsu
dan kelalaian. Sebagaimana yang di sebutkan di alam kitab Al Muastdarak
akrya Al Hakim dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu nabi shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Berdoalah
kepada Allah dalam keadaan kalian yakin dikabulkan, dan ketahuilah
bahwa Allah tidak menerima sebuah doa dari hati yang lalai,” maka
(doa seperti) ini adalah doa yang bemanfaat, menghilangkan penyakit akan
tetapi lalainya hati terhadap Allah membatalkan kekuatannya dan
begitujuga memakan yang haram membatalkan kekuatannya dan
mengguranginya…Abu Dzarr radhiyallahu ‘anhu berkata: “Cukup doa disertai dengan amalan yang baik sebagaimana makanan disertai dengan garam.”Beliau juga berkata:
«والدعاء
من أنفع الأدوية، وهو عدو البلاء يدفعه ويعالجه ويمنع نزوله ويرفعه أن
يخففه إذا نزل، وهو سلاح المؤمن. وله مع البلاء ثلاث مقامات: أحدهما: أن
يكون أقوى من البلاء فيدفعه, الثاني: أن يكون أضعف من البلاء فيقوى عليه
البلاءُ فيصاب به العبد ولكن قد يخففه وإن كان ضعيفًا, الثالث: أن يتقاوما
ويمنع كل واحد منهما صاحبه».
Artinya:
“Dan doa termasuk obat yang paling manjur, ia adalah musuhnya bala,
melawannya, melarang turunya dan mengangkat dan meringankannya jika ia
turun, dan ia adalah senjatanya orang beriman. Doa berhadapan dengan
bala tiga keadaan;- Doanya lebih kuat daripada bala maka ia menolaknya.
- Doanya lebih lemah daripada bala, maka akhirnya bala yang menang, dan mengenani hamba akan tetapi terkadang meringankannya jika ia lemah.
- Doa dan bala’ saling berlawanan dan manahan setiap salah sattu dari keduanya.”
*) Ditulis oleh Ahmad Zainuddin, Kamis, 7 Jumadal Ula 1433 H, Lombok Indonesia
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
silahkan postkan komentar anda__